KUA

Bimbingan Perkawinan bagi Calon Pengantin

Jumat, 4 November 2022 20:07 WIB
  • Share this on:

KUA Kecamatan Kebonagung Kab. Pacitan pada tanggal 2-3 November 2022  menyelenggarakan Bimbingan Perkawinan bagi Calon Pengantin. Kegiatan ini dilaksanakan di  Aula KUA Kecamatan Kebonagung.

Salah satu narasumber dalam bimbingan perkawinan ini adalah dari BP4 Kab. Pacitan, Mutongin dengan materi Mempersiapkan Keluarga Sakinah dalam uraiannya menyampaikan ada 8 hal yang harus dipahami oleh calon pengantin untuk mempersiapkan keluarga sakinah.  

Dalam penjabarannya Mutongin menyatakan : “Yang harus dipahami yaitu  calon isteri dan calon suami adalah : pertama, memahami makna pernikahan secara syariat agama dan peraturan perundang-undangan. Kedua, ada komitmen pernikahan. Ketiga, ada komunikasi efektif antar pasangan. Keempat, adanya pemahaman terhadap proses penyelesaian jika menghadapi masalah. Kelima, calon pengantin harus memahami pengaturan ekonomi/keuangan keluarga. Keenam, melakukan penyesuaian diri terhadap lingkungan, ketujuh, mengetahui cara mempertahankan momentum cinta dan kedelapan, ada perencanaan keluarga.” jelas Mutongin.

Narasumber lain, Farida Ismawati, Penyuluh Agama Islam, dengan materi Mengelola Psikologi dan Dinamika Keluarga menjelaskan tentang komponen dalam pernikahan yang harus dimengerti dan dipahami suami isteri. “Pertama, suami isteri harus berkomitmen bahwa ikatan perkawinan harus kokoh dengan saling memahami (mitsaqon gholidza). Kedua, suami isteri harus memiliki kedekatan emosional sebagai bentuk kasih saying, mawaddah dan rahmah. Ketiga, tidak dipungkiri bahwa suami isteri harus ada dorongan seksual untuk mendapatkan kepuasan dari pasangannya, dan ini adalah salah satu tujuan perkawinan yaitu menghalalkan hubungan seksual antara laki-laki dan perempuan.”

Dengan semangat Farida menjelaskan juga bahwa tujuan bimbingan perkawinan pra nikah bagi calon pengantin adalah merupakan ikhtiar pemerintah melihat tingginya tingkat perceraian yang terjadi di Kabupaten Pacitan.

Kegiatan ini diikuti 30 orang peserta (15 pasang) berjalan dengan lancar. Seluruh peserta yang hadir sangat antusias menyimak jalannya acara dari awal sampai akhir. “Senang sekali bisa mengikuti kegiatan bimbingan perkawinan ini, sangat bermanfaat, jadi tambah ilmu,” kata Aminudin (nama samaran) salah satu peserta. Adapun narasumber lainnya dari  Kepala KUA, Dinas PPKB PPPA dan Tim Dinas Kesehatan/Puskesmas Kebonagung. (TimWeb).

 

 

Editor:
Agus Hadiprabowo