Berita

Rakor Keberangkatan dan Penjemputan Jemaah Haji 1445 H/2024 M dari Kabupaten Pacitan

Selasa, 30 April 2024 15:03 WIB
  • Share this on:

Demi memaksimalkan pelayanan dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024 ini, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pacitan menggelar “Rapat koordinasi persiapan pemberangkatan dan pemulangan/penjemputan Jemaah Haji Kloter 15 Kabupaten Pacitan dengan melibatkan, dinas dan instansi terkait yang bertempat di RM JLS Pacitan, Selasa (30/4).

Hadir dalam Rakor tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pacitan H. Imam Turmidi, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Mutongin, Pimpinan KBIHU, Kabag Kesra, Polres Pacitan, Dinas Perhubungan, Petugas Haji (PPIH Kloter dan PHD) dan Dinas Kesehatan berjumlah 30 orang.

Melalui Rakor ini, diharapkan adanya dukungan seluruh instansi demi suksesnya pelaksanaan pemberangkatan dan pemulangan Jemaah haji dari Kabupaten Pacitan khususnya dari Bagian Kesra Sekretariat Daerah, sedangkan Kementerian Agama sebagai Koordinator pelaksana, Keamanan dan Lalu lintas dari Kepolisian dan Dinas Perhubungan, serta SatPol PP ditambah tim kesehatan dari Dinas kesehatan sebagai penanggungjawab kesehatan Jamaah, tegas pimpinan sidang Imam Turmidi.

Dalam keterangannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Imam Turmidi menjelaskan, sebanyak 306 Jemaah Haji dari Kabupaten Pacitan yang tergabung pada Kloter 15/SUB, pada hari Senin (13/5) sekira pukul 19.30-21.45 WIB berkumpul di Pendopo Kabupaten Pacitan untuk diberangkatkan Bupati Pacitan menuju Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Imam Turmidi berharap rangkaian keberangkatan Jemaah haji mulai dari upacara pemberangkatan di Pendopo sampai tiba di Asrama Haji dapat terlaksana dengan aman, lancar dan dimudahkan Allah, terlaksana dengan kondusif. Begitu juga sebaliknya saat penjemputan Jemaah haji di Asrama Haji Surabaya hari Rabu tanggal 26 Juni 2024 dan penerimaan Bupati Pacitan di Pendopo dapat terlaksana dengan aman dan lancar.

Sebelumnya, para jamaah haji telah mendapatkan bimbingan manasik secara terus menerus pada tingkat KUA Kecamatan dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pacitan. Dan saat berita ini ditulis Jemaah haji dari Kabupaten Pacitan sudah menyelesaikan rangkaian manasik haji. (GT/MRI).

 

Klik di sini untuk Rencana Pemberangkatan dan Pemulangan Jemaah Haji dari Kabupaten Pacitan.

Editor:
Rubin
Kontributor:
GATOT SOERYANTO, ST
Penulis:
MOHAMMAD RUBIN IHLAL
Fotografer:
Gatot Soeryanto